Rabu, 21 Mei 2014

Dunia Kerja ( Kenyataannya )

kali ini saya akan membagi cerita berdasarkan pengalaman saya kala memasuki dunia kerja. pengalaman yang saya ambil, yaitu pasca kelulusan saya dari bangku sekolah menengah.
seperti yang kita ketahui bahwa lulusan sekolah menengah Atas dipersiapkan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. maka dengan jenjang perguruan tinggi lah seseorang akan mendapatkan spesifikasi jurusan yang ia inginkan berdasarkan prospek jenjang kerjanya berbeda dengan sekolah menengah kejuruan yang memang sudah di bekali dengan skill tertentu, mereka di klaim lebih prospektif dibandingkan lulusan SMA jika di setarakan dalam proses perekrutan tenaga kerja standar sekolah menengah. ya karena skill yang mereka punya itu maka mereka punya nilai lebih.
ada yang bilang cari kerja itu sulit. ada yang bilang juga sarjana sekarang banyak yang pengangguran dan sulit mencari kerja. apalagi lulusan sekolah menengah?? hayooo apalagi standar kerja yang dilihat 'enak', sekarang minimal diploma atau sarjana. jadi gini ya, lapangan pekerjaan itu sebenernya ada. kalau mau dibilang banyak, ya mungkin aja. tapi dikembalikan mau atau tidak orangnya? cocok atau enggak bidangnya?
kalau lulusan sekolah menengah sekarang, ya memang harus punya ekstra sabar,ekstra kuat, dan ekstra mental dalam menghadapi dunia kerja bukan berarti sarjana atau diploma enggak ya... standarnya beda loh. karena dari segi jenjang aja udah beda yap balik lagi,oiya lulusan sekolah menengah harus mau capek. karena gak semua dari mereka dapet kesempatan seenak pekerjaan standar sarjana. apalagi jaman sekarang bro.. staff atau divisi internal office minimal sarjana atau diploma. jadi, bagi yang sudah dapet kesempatan itu,ya nikmatin aja. kalo bisa lanjutin sekolahnya ke jenjang yang lebih tinggi lagi. ngaruh loh sama jenjang karirnya ( kalo perusahaannya berjenjang ), kalo enggak ya..perbaiki kualitas dengan cara masing2 aja.
sekarang jaman berkembang pesat. lapangan pekerjaan jasa dan produksi makin banyak ( sebenernya ). sedangkan lapangan pekerjaan officer ( kerja di depan PC, istilahnya ) terbatas untuk mereka yang berkualifikasi. mungkin gak sih kalo lulusan sarjana kerja di bagian standar sekolah menengah?? mungkin banget. cuma itu sarjana harus kuat mental. gak bisa deh kalo cuma besar gengsi. kecuali keluarganya punya turunan kaya sampe dunia kebalik. hidup keras bro. kalo besar gengsi mau makan apa?
pada intinya ya, dunia kerja itu gak semuanya seperti yang kita bayangkan. apalagi bayangan kayak di sinetron atau film. kalo kita bilang susah, tapi kenyataannya gak sesusah yang dibayangkan, kalo kita bilang gampang, tapi kenyataannnya berat bro. jadi salah siapa?? pliisss jangan salahin tukang bajigur.kasian.. haha gak ada yang salah. ini pilihan. jika kita dihadapkan pada suatu kesempatan,maka kita mikir.. cocok gak ya? ..susah gak ya?.. gimana ya?... dll ya.. nah pertanyaan pertanyaan itu mesti kita jawab sendiri kita mesti mempersiapkan diri kita sedemikian rupa agar kita memahami betul karakter pribadi kita. supaya ketika muncul pertanyaan keraguan itu kita bisa meriview apa yang kita bisa...apa yang pernah kita lakukan...sejauh mana kita sanggup...dan bagaimana mencoba memparadigmakan diri kita apakah sesuai dengan bidang lapanagn kerja tersebut.
persiapan itu harus
motivasi yang jelas.. cita cita.. disertai belajar dan terus memperbaiki kualitas diri, oiya ikhlas dan rasa syukur..saya rasa dengan itu, kita siap buat menghadapi dunia kerja ( kenyataannya )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar